KNKT Dukung Pengembangan Smart Mobil Tangki

JAKARTA.KRJOGJA.com–Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendukung pengembangan Smart Mobil Tangki (Smart MT) untuk mencegah terjadinya kebakaran kendaraan yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan Bahan Bakar Khusus (BBK). Pengembangan Smart MT ini dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) anak usaha PT Pertamina (Persero).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan, digitalisasi fungsi-fungsi yang saat ini dikembangkan PT PPN sudah mengalami kemajuan dan bisa menurunkan jumlah kebakaran mobil tangki yang dioperasikannya.

Tahap awal mobil SmartMT dipasang  empat fitur, diantaranya sensor suhu pada tromol mobil tangki. “Dari uji coba sejak Maret 2019 mampu menekan terjadinya kebakaran mobil tangki. Selama uji coba dilakukan evaluasi, dan fungsi sistem digital Smart MT cukup bagus meskipun masih ada kekurang sempurnaan model kotaknya,” kata Soerjanto.

Untuk itu, Soerjanto mengajak PT PPN mengembangkan konsep Smart MT dengan menambah beberapa fitur
sehingga memiliki fungsi semacam “Black Box” yang ada di pesawat terbang. Dengan tambahan fitur-fitur yang lebih lengkap, juga bisa meningkatkan efisiensi biaya operasional kendaraan.

Soerjanto mencontohkan fitur Driver True Sensor. Fitur ini memiliki fungsi hanya pengemudi yang diberi tugas yang dapat menghidupkan mobil dengan sidik jarinya dan setelah mobil hidup hanya dia yang  bisa mengemudikannya.

BERITA REKOMENDASI