KNKT Gandeng Bako Humas Sosialisasi Rekomendasi Hasil Investigasi

JAKARTA.KRJOGJA.com — Rekomendasi hasil investigasi kecelakaan transportasi yang diberikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kurang tersosialisasi dengan baik. 

Akibatnya, masih ada peristiwa kecelakaan terjadi dengan penyebab yang sama dari kejadian sebelumnya. Fakta tidak kurang perhatian atau minimnya sosialisasi rekomendasi hasil investigasi kecelakan tersebut, diakui Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. 

"Saya merasa bersalah dan berdosa karena banyak pelaku usaha yang masih belum mengetahui saran atas investigasi setiap kecelakaan yang terjadi,” katanya pada acara diskusi Bijak Memilih Bus Wisata yang Berkeselamatan, di Jakarta, Kamis (22/03/2018).

Soerjanto mencontohkan, pada umumnya penyebab kecelakaan bus yang mengakibatkan penumpang terlempar keluar karena tidak adanya sabuk pengaman bagi penumpang. Dari hasil investigasi kecelakaan bus ini pun KNKT telah berulang kali mengeluarkan rekomendasi agar pengusaha bus memasang sabuk pengaman pada bus yang dioperasikan.

Hanya saja, fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil rekomendasi tersebut tidak dilaksanakan karena tidak tersosialisasi dengan baik. Padahal, pengusaha mengaku tidak keberatan dengan rekomendasi yang dikeluarkan KNKT karena demi menjamin keselamatan penumpang.

Dalam upaya agar sosialisasi berbagai rekomendasi hasil investigasi kecelakaan transportasi bisa dilakukan secara optimal dan sampai kepada masyarakat maupun penyedia jasa, KNKT menggandeng Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bako Humas). 

"Dengan jumlah follower media sosial Bako Humas yang mencapai 21 juta orang merupakan potensi yang luar biasa untuk menyebarkan informasi, khususnya rekomendasi-rekomendasi hasil investigasi kecelakaan KNKT,” kata Soerjanto Tjahjono.

Soerjanto mengakui, salah satu kesulitan yang masih dialami oleh KNKT adalah menginformasikan berbagai rekomendasi hasil investigasi kecelakaan kepada masyarakat dan stakeholders terkait. Dengan bantuan Bako Humas ini diharapkan rekomendasi KNKT semakin tersosialisasi kepada masyarakat, baik para penyelenggara transportasi maupun para penggunanya, sehingga kejadian kecelakaan akibat oleh penyebab yang sama tidak terulang lagi.

Ketua Bako Humas Rosita Niken Widiastuti mengapresiasi inisiatif KNKT untuk bergabung dan melibatkan diri di Bako Humas. Menurutnya, sinergi ini sangat tepat, mengingat banyak rekomendasi hasil investigasi kecelakaan transportasi yang diberikan KNKT ternyata belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas maupun penyedia jasa transportasi. (Imd)

 

BERITA REKOMENDASI