KNKT Perkirakan Korban Masih di dalam Lion Air

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono memperkirakan tubuh korban insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat, masih berada di dalam badan pesawat. Menurutnya, pihaknya akan melakukan pencarian black box (kotak hitam) Lion Air JT-610 dalam rangka pencarian kerangka pesawat tersebut.

"Kami [akan melakukan pencarian untuk] menemukan black box dalam rangka menemukan rangka pesawat yang kami perkirakan korban masih berada di dalam kerangka pesawat tersebut," kata Soerjanto.

Dia menerangkan upaya pencarian diharapkan dapat dilakukan pada malam hari ini. Menurutnya, pihaknya masih menunggu bantuan berupa personel dan peralatan dari Singapura. Menurutnya, peralatan bantuan dari Singapura itu diharapkan dapat membantu upaya pencarian karena lebih baik dan sensitif.

"Malam ini kami akan berangkatkan Kapal Barnajaya 1 dan sejumlah peralatan, kami tunggu teman dari Singapura yang bawa perlatan akan bantu kami," katanya.

Soerjanto menjelaskan pencarian akan dilakukan dengan alat sonar untuk mendeteksi keberadaan logam di dasar laut. Setelah terdeteksi pihaknya akan menurunkan peralatan lain dan penyelam untuk mengatur strategi atau cara pengangkatan korban dan badan pesawat.

Lebih dari itu, dia menuturkan, berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dinyatakan bahwa cuaca dalam tujuh hari ke depan dalam kondisi baik. Menurutnya, kondisi cuaca ini dapat membantu upaya pencarian berjalan dengan maksimal. (*)

BERITA REKOMENDASI