Kolaborasi dengan Bank Domestik dan BPD, BRI Terus Kembangkan Bisnis Treasury and Global Services

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – BRI terus berupaya untuk berkolaborasi dengan bank domestik dan Bank Pembangunan Daerah atau BPD. Salah satunya diwujudkan dalam pengembangan ekosistem bisnis baru yang lebih menguntungkan terkait bisnis internasional, bisnis perbendaharaan (treasury) dan pelayanan investasi.

Komitmen tersebut ditunjukkan BRI lewat pertemuan atau gathering dengan bank domestik dan BPD di Indonesia secara virtual pada Kamis (24/06/2021). Perseroan melihat besarnya potensi ekosistem bisnis baru dalam bidang Treasury & Global Services. Potensi ekosistem bisnis ini dinilai akan sangat menguntungkan di masa depan. Selain itu, potensi di bidang treasury dan global services dinilai akan mampu meningkatkan dan melebarkan bisnis pada bank-bank tersebut.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto yang hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan bahwa BRI terus mendorong pertumbuhan yang positif bagi bank domestik dan Bank Pembangunan Daerah. “Salah satu upaya BRI untuk menuju ke arah tersebut yaitu dengan bersinergi dan menjadi strategic partner BPD melalui berbagai kerjasama di bidang treasury dan global services,” katanya.

Sejauh ini sudah terdapat 22 rekening nostro milik bank domestik dan BPD di BRI New York Agency sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi yang terjaga dengan baik. BRI mengapresiasi segala bentuk kerja sama yang dilakukan oleh BPD ke dalam 7 kategori, yaitu transaksi SBN tertinggi, transaksi Forex tertinggi, transaksi money market tertinggi, bisnis resiprokal tertinggi, transaksi money changer tertinggi, transaksi investasi tertinggi, dan Asset Under Management (AUM) DPLK BRI. Hal itu pun disambut baik oleh seluruh bank domestik dan BPD yang hadir pada pertemuan tersebut.

Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti mengungkapkan bahwa BRI berterima kasih kepada bank domestik dan BPD atas kerja sama yang telah terjalin, serta kepercayaan yang diberikan selama ini. Selama tiga tahun berturut-turut BRI mendapatkan penghargaan sebagai The Best Primary Dealer dari Kementerian Keuangan RI atas kinerja di pasar perdana surat berharga negara. Selain itu BRI juga mendapatkan penghargaan Best Financial Market Deepening Support – Repo GMRA Tahun 2019 yang diberikan oleh Bank Indonesia. “Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut dan terus memberikan added value bagi masing-masing pihak,” pungkasnya.

Lebih lanjut Listiarini mengungkapkan bahwa BRI akan terus menambah dan meningkatkan kualitas produk serta layanan yang diberikan untuk bank domestik dan BPD. Perseroan siap membantu bank-bank tersebut dalam mengembangkan potensi bisnis dengan menjadi bank devisa ke depannya. (*)

BERITA REKOMENDASI