Kominfo Ingatkan Pelaku E-Commerce Tak Jual Perangkat Ilegal

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Direktorat Pengendalian Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo mengingatkan pedagang Online atau pelaku e-commerce untuk tidak memperdagangkan perangkat ilegal.

Hal ini dikatakan perwakilan perkumpulan e-commerce Indonesia, Indonesia E-Commerce Association (IDEA), yang hadir dalam rapat bersama oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi belum lama ini. Dalam cara tersebut, Kominfo meminta agar perangkat yang dijual di dunia maya harus memiliki sertifikat/label dari pihak yang berwenang.

Akibat penjualan perangkat ilegal tersebut, banyak kecelakaan yang terjadi karena gangguan (interverensi) alat dan perangkat telekomunikasi, salah satunya gangguan penerbangan akibat terganggunya komunikasi antara ATC (Air Traffic Controller) dengan pilot pesawat.

Kominfo juga meminta penyedia lapak online lebih selektif dalam memilih pemasok atau pedagang dan pembeli. Setiap penyedia lapak online diminta memastikan kejelasan identitas pengguna sehingga ketika terjadi permasalahan dapat dimintai pertanggungjawaban.

Pada kesempatan yang sama, Kominfo menjelaskan akan menyerahkan ke jalur hukum jika Penyidik PNS (PPNS) menemukan perdagangan perangkat ilegal. Salah satu acuannya yakni Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi serta Peraturan Menteri Kominfo No. 1/2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kominfo No. 18/2014 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi. (*)

BERITA REKOMENDASI