Kominfo Minta Masyarakat Waspadai Virus Petya

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk mewaspadai serta berupaya melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman virus ransomware Petya. Diketahui, saat ini, perusahaan-perusahaan global tengah digempur serangan cyber.

Keterangan dari Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan, cara bekerja virus Petya ini mirip dengan ransomware WannaCry yang menyerang pada 13 Mei 2017 lalu. Kominfo meminta masyarakat yang memiliki komputer untuk melakukan antisipasi serangan Petya, dengan melakukan backup data, sebelum mengaktifkan komputer.

Kepada pengelola teknologi informasi di berbagai institusi, Kominfo meminta agar pengelola menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman. Selain itu, pengelola juga diminta untuk melakukan backup data ke tempat penyimpanan (storage) yang terpisah.

Apabila hal tersebut telah dilakukan, biasakan untuk melakukan backup data, menggunakan system operasi yang orisinal, mengunduh antivirus dan menggunakan kata sandi yang aman. Kominfo menegaskan kepada penyedia layanan publik, masyarakat dan khususnya pihak yang menunjang layanan mudik lebaran 2017 agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektronik dari walware.

Secara keseluruhan, Kominfo memastikan akan terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus Petya ini di Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI