Kominfo Telusuri Swafoto KTP Diduga Diperjualbelikan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini masih menelusuri dugaan penjualan swafoto (selfie) yang sedang memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Kominfo saat ini sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait informasi mengenai dugaan penjualan foto selfie KTP secara tidak sah yang beredar di platform media sosial,” kata Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, Sabtu (26/6/2021).

Kominfo akan segera mengambil langkah tegas setelah berkoordinasi lebih lanjut, baik secara internal maupun dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya. Informasi kumpulan swafoto orang-orang yang sedang memegang foto KTP beredar di dunia maya, salah satunya platform Twitter. Selama ini, swafoto sambil memegang KTP merupakan salah satu metode verifikasi yang sering dilakukan ketika mendaftar layanan yang berhubungan dengan finansial. Foto-foto tersebut diduga diperjualbelikan di dunia maya.

Kominfo menegaskan kepada seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE), wajib mematuhi semua ketentuan yang berlaku di Undang Undang, termasuk mengenai pengamanan sistem elektronik dan perlindungan data pribadi. “Segala bentuk pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Dedy.

KTP

BERITA REKOMENDASI