Komnas HAM Dinilail Cederai Diri Sendiri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai tak terima dengan rencana komisioner lainnya yang berencana membentuk dewan etik untuk dirinya. Bahkan, Pigai menyebut ketua Komnas HAM telah mencederai dirinya sendiri.

Dewan etik dibentuk untuk Pigai atas pernyataannya yang menyebut Komnas HAM berencana terbang ke Arab Saudi guna meminta keterangan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

"Etik apa yang salah? Kan saya belum melakukan tindakan pidana, cuma sebuah pernyataan. Pernyataan ketua Komnas HAM itu mencederai dirinya sebagai pembela HAM," kata Pigai.

Pigai mempertanyakan niatan rekan-rekannya itu yang ingin membentuk dewan etik pada sidang paripurna Komnas HAM awal Juni nanti. Dia heran apakah pernyataan yang dirinya lontarkan itu melanggar etik.

Pigai mengklaim tak pernah melontarkan pernyataan yang menyebut bahwa anggota Komnas HAM akan menemui Rizieq di Arab Saudi untuk dimintai keterangannya selaku korban dugaan kriminalisasi yang diadukan Presidium Alumni 212.

"Karena saya tidak mengeluarkan pernyatan, 'saya akan ke Arab Saudi'. Tapi saya mengatakan, 'Komnas HAM sampai sekarang anggaran belum cair oleh Kemenkeu dan Bappenas'," kata dia.

Menurut dia, rencana rekan-rekannya tersebut cukup ditertawakan saja lantaran tak masuk di akal sehat. Pigai justru menduga ada intervensi kekuasaan dengan adanya rencana pembentukan dewan etik atas pernyataan yang menyangkut Rizieq. (*)

BERITA REKOMENDASI