Konsumsi Siap Santap di Luar Rumah Makin Meningkat

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Survei Kantar Worldpanel Indonesia menyebutkan, konsumen Indonesia lebih sering mengkonsumsi produk siap santap di luar rumah di bandingkan dengan di dalam rumah sehingga pertumbuhan konsumsi di luar rumah beberapa produk mencapai tiga kali lipat lebih besar pertumbuhannya untuk dikonsumsi. 

"Berbeda dengan pembelian untuk konsumsi di dalam rumah, yang lebih terencana, konsumsi di luar rumah umumnya cenderung lebih impulsif," kata New Business Development Director Kantat Worldpanel Indonesia Fanny Murhayati  di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Memenangkan momentum ketika konsumen memilih produk yang dikonsumsi di luar rumah untuk melepaskan dahaga atau mengisi rasa lapar sangatlah penting. Karena itu, ujar Fanny di dalam bersaing memenangkan pilihan konsumen, para pemain FMCG tidak hanya berkompetisi di dalam satu kategori, tetapi juga antar kategori yang berbeda. 

Misalnya, untuk produk siap minum, air mineral, teh siap saji, minuman isotonic dan lainya akan saling bersaing untuk produk pelepas dahaga. "Demikian pula untuk kategori makanan, biskuit, coklat atau kategori siap makan lainnya, juga akan saling bersaing untuk produk pemenuh rasa lapar," tutur Fanny.

Sementsra Account Director Kantar World Panel Indonesia, Andi Siswanto mengatakan, hampir semua konsumen di perkotaan besar di Indonesia pernah mengkonsumsi produk siap saji. Sehingga para pemain FMCG harus berlomba untuk meningkatkan frekuensi belanja, dengan memenangkan momen dan kesempatan, kata Andi. 

"Karena itu terdapat empat hal yang harus diperhatikan pelaku FMCG untuk menarik pasar "out of home" yakni ketersediaan barang/ produk, tipe dan keragaman produk, harga, dan inovasi," tandas Andi. Sedang yang terkait ketersediaan barang/produk, menurutnya, pelaku FMCG penting melihat momentum ketika konsumen memilih produk yang dikonsumsi di luar rumah untuk melepaskan dahaga atau mengisi rasa lapar. (Ful)

BERITA REKOMENDASI