Kontingen Indonesia Siap Rebut Tiga Emas Olimpiade Sains

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Indonesia memasang target meraih minimal 3 emas dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) ke-13 yang akan digelar di Bali, 2-11 Desember 2016 mendatang. Target tersebut lebih tinggi ketimbang capaian 2 emas yang diraih pada IJSO ke-12 di Korea Selatan 2015.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hamid Muhammad mengatakan, IJSO sebagai ajang mempromosikan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan. Ajang IJSO juga menjadi jembatan untuk menjaga perdamaian dan kesepahaman global terkait dunia pendidikan, terutama sains.

"Hal ini ditunjukkan dalam pelaksanaan IJSO tidak boleh ada negara yang delegasinya dikeluarkan dari keikutsertaannya karena alasan latar belakan politik, ketiadaan hubungan diplomatik, kurangnya penghargaan dari negara penyelenggara IJSO, pemberlakukan embargo atau alasan lainnya," ujar Hamid, di Graha Gedung A, Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Ajang tahunan ini mempertandingkan pelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia untuk siswa maksimal berusia 15 tahun atau jenjang SMP. Bentuk penilaian melalui mekanisme tes pilihan ganda, teori dan praktek. (*)

BERITA REKOMENDASI