Korban Bencana Kebakaran Tomang dapat Santunan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk dukungan kepada korban kebakaran yang menimpa kawasan pemukiman padat penduduk di Wilayah Tomang Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sido Muncul Selasa (22/01/2019) memberikan bantuan sebesar Rp 200 juta. Hal ini sebagai bentuk tanggap bencana dan peduli perseroan

Bantuan diserahkan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat didampingi Brand Ambasador Kuku Bima Energi Donny Kesuma dan Ade Rai. Kebakaran besar itu terjadi Senin (21/01/2019) yang menghanguskan 166 unit rumah di Jalan Tomang Utama Raya RT 2 RW 15 Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Irwan Hidayat ikut prihatin atas musibah ini sehingga setiap KK akan menerima Rp 800 ribu dan berharap dengan bantuan ini bisa mengurangi beban mereka. "Saya prihatin atas kebakaran di tomang. Kasihan mereka yg habis terbakar harta bendanya," ujar Irwan. 

Irwan Hidayat menjelaskan tahun 2019 ini Sidomuncul akan mengalokasikan lebih banyak dana untuk membantu dalam operasi katarak sebanyak 12.000 mata karena BPJS Kesehatan sudah mengurangi dana untuk operasi katarak. Sedangkan, pada tahun 2018 hanya 1200  mata karena sudah di cover BPJS. 

"Sidomuncul sudah mengoperasi katarak gratis sejak 2011 – 2018 sebanyak 51.800 mata. Yang kedua kami akan membantu penderita bibir sumbing & yg ketiga akan membantu penderita kanker. Tapi bukan pengobatannya karena sudah di bayar oleh BPJS Kesehatan. Mungkin dalam bentuk lain " demikian Irwan.

Irwan Hidayat menambahkan salah satunya adalah rumah singgah yg akan dibangun di RS  Sarjito Yogyakarta,yang diprakarsai oleh Kanjeng Ratu Hemas pada tanggal 29 Januari 2019.

Pada saat yang sama Donny Kesuma mengatakan sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh Sido Muncul yang selalu tanggap bencana. "Selaku brand ambasador Kuku Bima Energi saya setiap kali mengikuti kegiatan kemanusiaan,seperti banjir,tsunami Selat Banten,Palu juga Lombok,ini sebuah perusahaan yang mempunyai niat baik dan juga bertanggung jawab." ujar Donny.

Donny Kesuma dan Ade Rai sangat prihatin dengan para korban bencana kebakaran dan berharap agar tidak terjadi kebakaran lagi masyarakat harap hati-hati. "Sebagai Brand Ambasador Kuku Bima selama ini saya tidak bermasalah minum produk yang dibintanginya ,diakuinya selama ini tidak bermasalah asal minum sesuai dengan aturan,suplemen merupakan makanan tambahan yang memberikan kenyamanan tubuh," ujar Ade Rai.

Kepala Seksi Operasi Kebakaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Rompis Ramlih mengatakan gas meledak di satu rumah saat pemiliknya sedang memasak. "Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini meski dampaknya besar," kata Rompis 

Rumah yang menjadi lokasi awal kebakaran berfungsi sebagai warung makan alias warteg. Api cepat merambat lantaran banyak bangunan semipermanen. Mereka yang terimbas kebakaran ini mencapai 1190 jiwa atau hampir 300 keluarga.  Mereka berasal dari 166 rumah yang terbakar. "Sekarang mereka ada di pengungsian. Kami buatkan tenda di dekat lokasi kebakaran," kata Rompis.(ati)

BERITA REKOMENDASI