Korban Gempa Palu Terima Bantuan Rumah Pembaca KR

Editor: KRjogja/Gus

KELUARGA Rukimin kini bisa bernapas lega. Sebab mereka sudah bisa tinggal di rumah sendiri dan juga di lahan milik sendiri. Tidak lagi numpang di rumah saudaranya lagi. "Terimakasih para dermawan pembaca KR. Sebab berkat bantuan mereka kami sekarang sudah memiliki rumah lagi," kata Rukimin, warga Kelurahan Petobo Kota Palu Selatan kepada KR

, Sabtu (23/2).

Rukimin merupakan salah satu korban gempa 28 September 2018 lalu di Palu Sulawesi Tengah. Rumah pria asal Karanganyar Jawa Tengah ini sudah tidak bisa digunakan lagi untuk bertempat tinggal setelah digoyang gempa. Setelah peristiwa pilu itu, Rukimin beserta anak dan istrinya yang berasal dari Sukoharjo ini tinggal di rumah kakaknya yang masih dalam kondisi utuh dan aman untuk ditempati.

Rumah bantuan pembaca KR seharga Rp 36 juta itu memang sederhana, namun sudah cukup layak dan nyaman untuk ditempati. Apalagi lantainya sudah diplester. "Nanti kalau dapat bantuan hunian tetap atau huntap dari pemerintah akan kami gunakan untuk memperluas rumah ini. Rumah baru akan kami sambungkan dengan yang sudah ada saat ini. Jadi rumah bantuan pembaca KR ini akan kami tempat selamanya sehingga kami tidak menyebutkan hunian sementara," katanya.

Sehari-hari, Rukimin bekerja secara serabutan. Sedang kalau malam berjualan camilan gorengan di Jalan Dewi Sartika Palu Selatan. Dulu kalau pagi berjualan es secara berkeliling, namun kini sudah tidak dilakukan lagi karena ketiadaan modal.
Sebenarnya, Rukimin mendapat jatah huntara atau hunian sementara dari pemerintah, namun tidak dia ambil. Hal ini karena lokasi cukup jauh dari rumah semula. "Saya lebih nyaman tetap tinggal di sini," kata Rukimin sambil menambahkan, ia mempunyai 8 anak, satu tinggal di Surabaya dan satu lagi sudah berkeluarga sendiri. (Fie)

 

 

BERITA REKOMENDASI