KPK Bakal Sidangkan Tiga Tersangka Suap

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera menyidang tiga tersangka kasus suap. Ketiganya yakni Direktur PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa, Nelly Margaretha, serta Bupati Kudus periode 2018-2023, Muhammad Tamzil dan staf khususnya, Agoes Soeranto telah menyelesaikan proses penyidikan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penyidik telah merampungkan proses penyidikan terhadap kasus ketiga tersangka.

Kasus yang melibatkan Mujib Mustofa, Febri mengatakan pelimpahan berkas dan barang bukti kasus suap terkait kuota impor ikan telah rampung. Mujib Mustofa, bersama dengan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 23 saksi, diantaranya Dirjen Perdagangan Luar Negeri pada Kementerian Perdagangan RI, Indrasari Wisnu Wardana; Direktur Keuangan Perum Perindo, Arief Guntoro; dan pihak swasta.

"Rencana sidang akan dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," jelas Febri.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan PT Navy Arsa Sejahtera merupakan perusahaan importir ikan dan telah masuk blacklist sejak tahun 2019. Sementara Perum Perindo dapat mengajukan kuota impor ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Saut menuturkan, pihaknya menemukan adanya dugaan alokasi fee Rp1.300 untuk setiap kilogram ikan jenis Frozen Pacific Mackarel yang diimpor ke Indonesia.

"KPK juga akan mendalami dugaan penerimaan sebelumnya dari perusahaan importir lain yaitu sebesar US$30 ribu, 30 ribu dolar Singapura, 50 ribu dolar Singapura," tandas Saut. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI