KPK Bulan Ini Umumkan Tersangka Baru E-KTP

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan telah mengantongi nama tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Nama tersebut didapat dari hasil gelar perkara yang dilakukan belum lama ini.

"Gelar perkara sudah dilakukan, sudah diputuskan, mungkin akan segera diumumkan. Anda tunggu saja, ya bulan ini," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/07/2017).

Namun, mantan Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu belum mau membocorkan apakah tersangka baru ini dari unsur DPR, pejabat Kementerian Dalam Negeri atau pengusaha pemenang tender proyek e-KTP. "Ya, nanti tunggu saja ya. Okay ya," tuturnya.

Agus mengungkapkan, penyidik KPK sudah mengumpulkan banyak bukti untuk menjerat para pihak yang dianggap bertanggung jawab atas dugaan korupsi dalam proyek yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. "Ya, alat buktinya kan banyak untuk setiap orang berbeda itu," ujarnya.

Sejauh ini, KPK baru menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP yang nilai proyeknya mencapai Rp5,9 triliun. Mereka di antaranya, mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman, Direktur Data dan Informasi Kemendagri, Sugiharto dan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. (*)

BERITA REKOMENDASI