KPK Optimis Dapat Buktikan Korupsi BLBI

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melimpahkan berkas penyidikan dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI kepada Sjamsul Nursalim dengan tersangka mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional Syafruddin Arsyad Temenggung ke pengadilan.

Meskipun tanpa keterangan Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim, yang selalu mangkir dari panggilan penyidik, lembaga antirasuah itu yakin dengan bukti-bukti kasus yang ditaksir merugikan negara Rp4,58 triliun.

"Kami yakin walaupun KPK belum bisa melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi tertentu, kami yakin bukti-bukti yang cukup untuk membawa ke persidangan itu akan cukup," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Febri mengakui tidak adanya keterangan pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang mendapat kucuran BLBI saat krisis ekonomi 1998 itu menjadi tantangan pihaknya dalam pembuktian di meja hijau nanti. Namun, kata Febri, lembaga antirasuah tetap yakin dengan sejumlah bukti dan keterangan saksi lainnya untuk membuktikan dugaan korupsi dalam penerbitan SKL BLBI kepada Sjamsul Nursalim itu. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI