KPK Periksa Mantan Direktur BII

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – KPK memeriksa mantan Direktur Bank Internasional Indonesia (BII), Dira Kurniawan Mochtar. Dia akan dikorek keterangannya soal penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) ke Sjamsul Nursalim, pemilik Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI), yang menikmati kucuran Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Dira diperiksa dalam kapasitasnya sebagai pejabat struktural di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). "Yang bersangkutan diperiksa bukan sebagai mantan direktur BII, tapi diperiksa sebagai mantan pejabat struktural BPPN, yang memang ditugaskan untuk mengurusi ‎BDNI," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (03/05/2017).

Menurut Febri, salah satu yang bakal didalami penyidik KPK ke Dira adalah soal pengurusan tambak, yang menjadi bagian pembayaran utang Sjamsul Nursalim ke BPPN. Pasalnya, lanjut Febri, pihaknya ingin mengungkap hubungan tagihan soal tambak yang diserahkan Sjamsul Nursalim kepada BPPN, sehingga BPPN yang ketika itu dipimpin Syafruddin Arsyad Temenggung mengeluarkan SKL.

"Salah satunya dengan pengurusan tambak yang kami dalami. Karena kasus BLBI ini kami mendalami relasi hak tagih petambak itu dengan obligor BLBI dan penerima SKL yang dilakukan tersangka," tutur Febri. (*)

BERITA REKOMENDASI