KPK Periksa Sekjen Kemendes

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan untuk Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi dalam kasus dugaan suap pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Anwar bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Inspektur Jendral Kementerian Desa, Sugito. "Dia bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUG," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (05/06/2017).

Selain Anwar, penyidik KPK juga memanggil Kepala Biro Keuangan dan BMN, Ekatmawati serta Kepala Bagian Analisa dan Pemantauan Hasil, Dian Rediana. Mereka berdua juga bakal diperiksa sebagai saksi untuk Sugito. "Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUG," tuturnya.

KPK sejauh ini baru menetapkan empat tersangka dalam kasus suap ini. Mereka adalah Inspektur Jendral Kementerian Desa Sugito, pejabat Eselon III Jarot Budi Prabowo, Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri, dan Auditor BPK Ali Sadli.

Sugito diduga memberikan uang sebesar Rp240 juta kepada dua auditor BPK tersebut, agar memberikan opini WTP terhadap laporan hasil pemeriksaan keuangan Kementerian Desa tahun 2016. KPK juga tengah menelusuri sumber uang suap tersebut. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI