KPK Resmi Tetapkan Ketua DPD Tersangka Korupsi

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA (KRjogja.com) – Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan konferensi pers terkait penangkapan Ketua DPD RI, Irman Gusman petang ini. Dalam pernyataannya ketua KPK mebenarkan penangkapan tersebut dan kini telah menetapkan status dari para pelaku.

 

"Kami meningkatkan status saksi saudara IG menjadi tersangka setelah melakukan gelar perkara siang tadi, sementara 3 pelaku lain juga ditingkatkan statusnya menjadi tersangka," tegasnya.

Agus Raharjo juga menjelaskan kronologis penangkapan ketua DPD dimulai saat pemberi suap selaku pengusaha bertamu kerumah ketua DPD. Selanjutnya setelah pulang dari rumah IG, penyidik KPK mencegat tersangka didepan rumah ketua DPD. Penyidik selanjutnya memasuki rumah IG dan meminta pemberian dari tersangka dan akhirnya ditemukan uang sebesar Rp 100 juta.

Agus Rahardjo mengakui motif dari pemberian suap ini adalah terkait pemberian rekomendasi Ketua DPD kepada Bulog untuk menunjuk perusahaan tersangka pemberi suap dalam penyaluran gula impor di wilayah Sumatera.

Dalam kesempatan tersebut KPK juga membantah isu yang berkembang di media terkait bantahan IG melalui twitter sepanjang hari ini. Ditegaskan twitter tersangka IG diketahui dikelola oleh staffnya dan KPK berharap propaganda melalui twitter ini dihentikan agar masyarakat tidak bingung. (Git) 

BERITA REKOMENDASI