KPK Siap Ditanya Perihal Temuan Pansus Angket

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan siap ditanya soal sejumlah temuan hasil penyelidikan Pansus Angket KPK di dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi III DPR, Senin (11/09/2017). Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memperkirakan, temuan Pansus tidak akan jauh berbeda dengan sejumlah materi yang telah disiapkan KPK dalam RDP kali ini.

"Pertanyaan sudah dikirim (DPR). Masalah kinerja kami bagaimana. (Soal materi Pansus) ya pasti pertanyaannya mirip," ujar Saut.

Saut menuturkan, kehadiran KPK ke DPR merupakan bagian dari agenda rutin. Oleh karena itu, ia mengaku, KPK siap menjawab semua hal yang ditanyakan oleh Komisi III.

Menurut dia, RDP merupakan bentuk kewenangan lembaga DPR dalam mengontrol kinerja KPK. "Semua pertanyaan harus dijawab. Soal apa aja, ya semua harus dicek. Kan saya bilang nggak ada institusi yang tidak bisa dicek," ujarnya.

Sementara itu, Saut juga kembali menyampaikan, alasan KPK tidak hadir dalam seluruh agenda pansus angket KPK karena terkait legalitas. "(RDP) ini forum legalnya ya. Kalau satu lagi itu belum kami anggap sebagai forum bisa untuk ketemu kami," ujar Saut. (*)

BERITA REKOMENDASI