KPK Tolak Pengembalian Uang Rp 39 Juta dari Gubernur Aceh

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak pengembalian uang sebesar Rp39 juta yang dilakukan Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf. Sebab, pengembalian uang dilakukan delapan hari usai Irwandi ditangkap tim lembaga antirasuah pada awal Juli 2018.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penolakan pengembalian uang Irwandi ini mengacu pada Peraturan KPK Nomor 2 Tahun 2014. KPK menerbitkan surat tanggal 14 Agustus 2018 perihal penolakan laporan pengembalian uang tersangka suap terkait penggunaan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018.

"Yang intinya laporan tersebut tidak dapat diproses dalam mekanisme pelaporan gratifikasi karena saat ini sedang berjalan proses penanganan perkara, di mana IY (Irwandi Yusuf) adalah salah satu tersangka di sana," kata Febri Diansyah.

Febri mengatakan surat tersebut juga telah disampaikan kepada kuasa hukum Irwandi. Kini uang itu, sambung Febri, disita sebagai barang bukti untuk kepentingan penyidikan kasus dugaan suap penggunaan DOKA 2018. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI