KPPIP Dorong Pengembangan Infrastruktur Kereta Api di Jawa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Proyek Strategis Nasional (PSN Tol Yogyakarta – Bawen, Penambahan Lingkup Jalan Tol Solo Yogyakarta – Kulon Progo, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro (Bantul, Kulon Progo), Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo, serta Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo upaya percepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid 19.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) terus mendorong penyelesaian Proyek Strategis Nasional dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Berdasarkan Peraturan Menko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 (Permenko 7/2021), terdapat 208 proyek dan 10 program Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai investasi sekitar Rp 5.698,5 triliun yang tersebar di seluruh Indonesia. Nilai tersebut dihitung pada saat penyusunan Permenko Nomor 7 Tahun 2021 dan belum memperhitungkan Proyek dan Program, seperti program Food Estate, Program Pemerataan Ekonomi, dan Proyek Bandara di Bali bagian utara.

Hingga September 2021, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat 48 proyek dan 3 program (Superhub, Food Estate, Jalan Exit Toll) dalam tahap penyiapan, 10 proyek dalam tahap transaksi, 98 proyek dalam tahap konstruksi, 26 proyek dan 7 program sudah beroperasi sebagian, dan 26 proyek sudah selesai.

“Di sekitar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terdapat 5 PSN yang tercantum dalam Perpres 109 Tahun 2021 dan 2 di antaranya sudah selesai dan beroperasi,” kata Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo dalam siaran persnya, Jumat (22/10/2021).

BERITA REKOMENDASI