KPPIP Dorong Pengembangan Infrastruktur Kereta Api di Jawa

Wahyu menjelaskan 5 PSN tersebut yakni Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, Penambahan Lingkup Jalan Tol Solo Yogyakarta – Kulon Progo, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro (Bantul, Kulon Progo), Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo, serta Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo.

“PSN Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo dan serta Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta – Kulon Progo saat ini telah selesai dan beroperasi. Pada Agustus 2021, progress pembangunan sudah mencapai 100% dan telah beroperasi komersial sejak 17 September 2021,” ujarnya.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo meninjau langsung pelayanan KA Akses Bandara Yogyakarta International Airport pada Kamis (21/10/2021). Proyek Strategis Nasional KA Akses Bandara Baru Yogyakarta, Kulon Progo merupakan pembangunan 5,4 km jalur KA dari bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ke Jalur KA Jawa Selatan dan akan terhubung langsung dengan Kota Yogyakarta.

“Perjalanan menggunakan KA Yogyakarta – NYIA akan ditempuh selama 40 menit, atau lebih cepat dibandingkan jika menggunakan mobil yang memakan waktu sekitar 90 menit,” kata Wahyu.

Sebelum track baru selesai dibangun, KA Bandara telah beroperasi dengan rute Stasiun Maguwo – Stasiun Wojo sejak Mei 2019. Jumlah penumpang rata-rata per hari mencapai 40 orang/hari (sebelum pandemi Covid-19) dengan jumlah perjalanan sebanyak 24 trip. Dalam pengoperasiannya, penumpang harus berganti moda ke shuttle bus dari Stasiun Wojo ke bandara.

BERITA REKOMENDASI