KPU Ingatkan Anggota Legislatif Terpilih Serahkan Laporan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan anggota legislatif terpilih untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) selambat-lambatnya 7 hari usai pembacaan penetapan nama oleh KPU, atau 7 September 2019.

"Saya sampaikan kalau enggak [menyerahkan LHKPN] maka KPU enggak akan mencantumkan namanya untuk dilantik, tidak dilantik sebagai anggota DPR (dan DPD)," kata Komisioner KPU Ilham Saputra.

Hingga Jumat (30/08/2019) pukul 00.00 WIB, sebanyak 90 dari total 575 anggota legislatif terpilih belum menyerahkan LHKPN pada KPU. Sebanyak 84,35 persen atau 485 orang anggota legislatif terpilih sudah menyerahkan LHKPN.

Dari hasil rekapitulasi KPU, hanya tiga parpol yang seluruh kader terpilihnya sudah menyerahkan LHKPN, yakni Partai Golkar, PPP, dan PAN. Sementara, PDIP, sebagai pemegang kursi terbanyak di DPR, baru menyetor LHKPN dari 57 anggotanya (55 persen).

Ilham menambahkan pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi berkaitan dengan LHKPN anggota DPD. Sementara untuk LHKPN anggota legislatif / DPR, KPU berkoordinasi langsung dengan parpol. (*)

BERITA REKOMENDASI