KPU: Secara Menyeluruh Penyelenggaraan Pilkada Serentak Berjalan Lancar

SURABAYA, KRJOGJA.com – Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan Pilkada serentak berjalan lancar dan tidak menghadapi hambatan berarti. Arief hanya memberi catatan adanya hambatan pengiriman logistik Pilkada di Kabupaten Nduga dan Kabupaten Paniai di Provinsi Papua, yang telah diupayakan untuk didistribusikan meski terlambat.

“Hanya satu kabupaten (Ndugai) saja di Papua, yang distribusi logistiknya terhambat. Alat transportasi yang digunakan untuk mengirimkan logistiknya itu kemarin sempat ditembak. Jadi sempat mengalami gangguan distribusi logistik,” ujar Arief, Kamis (28/6/2018).

Arief juga mengatakan, selain mendorong masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, KPU juga mengajak semua elemen masyarakat ikut serta mengawasi dan mengawal proses Pilkada hingga penetapan hasil akhir. Hal ini merupakan bentuk peran masyarakat dalam mengawal demokrasi di Indonesia.

“Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tidak berhenti sampai dengan Anda menggunakan hak pilih Anda, tapi selanjutnya penting juga bagi Anda untuk terlibat mengawasi, memantau jalannya proses penghitungan suara, rekapitulasi penghitungan suara, sampai nanti ditetapkannya hasil penghitungan suara,” tambah Arief Budiman.(*)

BERITA REKOMENDASI