KPU Terus Tingkatkan Kualitas Data

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bukan kementerian pertama yang ingin menggunakan datanya untuk menjalankan program tertentu.

Hasyim memaparkan selain Kemenkes, pihak lain yang sudah meminta data KPU adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Kemendagri dan Kemenpan RB juga minta tolong KPU untuk memeriksa nama-nama CPNS di Sipol,” kata Hasyim.

Tak hanya itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menurut Hasyim juga kerap menggunakan data KPU untuk verifikasi nama-nama calon anggota Bawaslu baik di provinsi, kabupaten, dan kota melalui Sipol. Upaya itu dilakukan untuk memeriksa apakah calon anggota Bawaslu merupakan anggota parpol.

Oleh sebab itu, KPU, kata Hasyim, akan terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan data berbasis IT untuk pemilu, dan bahkan untuk kepentingan K/L lainnya.

“Ini menunjukkan kepercayaan publik dan berbagai pihak kepada sistem informasi yang disediakan KPU yaitu Sidalih dan Sipol,” ujarnya. (*)

KPU

BERITA REKOMENDASI