Krisis Qatar Tak Pengaruhi Umroh Jemaah Indonesia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menegaskan krisis diplomatik antara Qatar dan sejumlah negara di Timur Tengah seperti Saudi tak mempengaruhi perjalanan umroh jemaah asal Indonesia, khususnya yang menggunakan maskapai penerbangan Qatar dan transit di Doha.

Retno mengatakan, kementeriannya telah berkomunikasi dengan Qatar Airways dan mendata jumlah WNI yang menggunakan maskapai itu untuk bertolak ke Saudi agar bisa mengalihkan penerbangan mereka untuk bisa tetap pergi ke Tanah Suci.

“Sejak tanggal 5 Juli saya sudah berkoordinasi dengan Menteri Agama, Menteri Perhubungan, KJRI di Jeddah, bahkan kantor Qatar Airways di Jakarta. Dari situ kami bisa berikan jalan keluar untuk alihkan penerbangan jemaah WNI. Sejauh ini kami bisa alihkan penerbangan mereka,” ucap Retno.

Tiga negara teluk seperti Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain, secara mengejutkan memutus segala hubungan diplomatik dan kekonsuleran dengan Qatar pada awal pekan ini. Saudi menyebut langkah yang belakangan diikuti oleh Mesir, Yaman, Libya, Mauritania, hingga Maladewa itu dilakukan dengan dalih keamanan nasional, menuding Doha mendukung pemberontak dan teroris seperti ISIS, Al-Qaidah, hingga Ikhwanul Muslimin–gerakan Islam tertua di dunia. (*)

BERITA REKOMENDASI