KSAD Dorong Percepatan Uji Klinis Obat Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Dekan Fakultas Farmasi Unjani di Mabes AD.

Pertemuan tersebut berlangsung untuk membahas pengajuan kerjasama penanganan Covid-19 atau virus corona antara IAI dengan pihak TNI Angkatan Darat.

Dalam tatap itu, riset uji klinis obat Covid-19 menjadi pembahasan utama antar kedua belah pihak. Pasalnya, IAI akan melaksanakan riset terhadap obat yang bahan bakunya asli dari Indonesia diantaranya Kina dan jejamuan.

Menanggapi hal itu, Andika mengungkapkan bahwa sangat mendukung adanya proses riset yang cepat terkait dengan obat Covid-19 tersebut.

“Saya akan dukung riset ini, segera lakukan pertemuan untuk paparan lebih jelas lalu lanjutkan dengan MoU dan langsung jalankan. Kita harus cepat karena ini ada solusi untuk seluruh pihak tanpa terkecuali,” kata Andika, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Selain itu, untuk untuk perizinan uji klinis dari Badan Pom untuk Kina sudah hampir selesai. Sehingga jika kerjasama ini diterima oleh TNI AD, maka riset uji klinis pada Kina untuk menjadi obat Covid-19 dapat segera berjalan.

Dalam uji klinis ini, rencananya pihak IAI juga akan melibatkan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani dalam melakukan riset obat Covid-19 tersebut.

“Kami dari apoteker Indonesia sekarang ini menyikapi situasi Covid-19 yang luar biasa baik itu dari segi obat-obatan ataupun vaksin, sehingga kami ada beberapa riset yang dilakukan untuk uji klinis karena itu memang kompetensi bagi kami dan kami dan obat-obatan yang akan diriset asal Indonesia, kalau menggunakan obat-obat Indonesia maka pengendalian pandemik ini akan paralel dengan aktivitas ekonomi,” ujar Wakil Ketua Pengurus Pusat IAI, Keri Lestari.

BERITA REKOMENDASI