Kulonprogo Peringkat Kedua Trisakti Tourism

JAKARTA, KRJOGJA.com —Kabupaten Kulonprogo memperoleh penghargaan Trisakti Tourism Award sebagai pemenang ke dua untuk kategori ekowisata atau wisata alam 2019.
Sementara kota Semarang menjadi pemenang pertama untuk kategori Kategori wisata kuliner dan belanja.

Penghargaan Trisakti Tourism Award  diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai  telah bekerja keras membangun destinasi dan industri pariwisatanya. Pasalnya pariwisata harus menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita harus bergerak cepat, pariwisata harus menjadi motor penggerak devisa dan memberikan 'multiplayer effect' yang mendorong perekonomian kita lebih tinggi," kata Penggagas Trisakti Tourism Award Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Minggu (22/12) malam.

Menurutnya, Indonesia adalah mutiara khatulistiwa yang wajib kita kelola dan dijaga sebaik-baiknya. Kita tidak boleh meninabobokan atas sumber daya alam yang melimpah karena pariwisata Indonesia sebagai salah satu ujung tombak pertumbuhan ekonomi nasional.

Bahkan pariwisata menjadi angin segar yang harus dikembangkan sedemikian rupa, karena sektor ini juga tidak pernah habis, dan sangat berbeda dengan sumber lain seperti minyak dan gas bumi.

Yanti  optimistis pariwisata juga dapat menyejahterakan masyarakat, menghapus kemiskinan, memajukan budaya, dan melestarikan alam lingkungan.

Sementara itu Ketua Dewan Juri Trisakti Award Sapta Nirwandar menyatakan pemenang didapat dari 60 lebih kabupaten/lkota yang mendaftar sebagai peserta.

Dijelaskan, pemenang Trisakti Award 2019 ada 5 kategori, yakni kategori wisata bahari, kategori wisata alam atau ekowisata, kategori petualangan, kategori sejarah dan budaya dan kategori kuliner dan belanja.
Adapun  pemenang untuk kategori wisata bahari, pemenanh pertama Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, pemenang kedua Kabupaten Sumbawa, NTB, dan pemenang ketiga  Kabupaten Belitung, Babel.

Untuk   kategori ekowisata, pemenang pertama Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pemenang kedua Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta, dan pememang ketiga Kota Batu, Jawa Timur.

Kategori wisata warisan budaya dan sejarah pemenang pertama  Kabupaten Tabanan, Bali,  pemenang kedua Kabupaten Sumba Barat Daya, NTB, dan pemenang ketiga  Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kategori wisata kuliner dan belanja pemenang pertama Kota Semarang, Jawa Tengah, pemenang kedua Kota Surakarta, Jawa Tengah, dan pemenang Kota Medan, Sumatera Utara.
Sedangkan penghargaan khusus diberikan kepada Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, dan Provinsi Sumatera Selatan. ( Lmg)

 

BERITA REKOMENDASI