Kunjungi Warga Jawa di Bengkulu, Sultan Serahkan Gamelan

Editor: KRjogja/Gus

BENGKULU, KRJOGJA.com – Pemda DIY selalu berusaha konsisten dengan UU No5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dalam rangka melindungi, memanfaatkan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Hal itu dipertegas pula dalam Perdais No 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Kebudayaan.

Sebagai bentuk dari komitmen tersebut, pada tahun anggaran 2019 Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan melakukan pengadaan dan pengiriman seperangkat gamelan perunggu ‘Pelog Slen-dro’kepada Paguyuban MasyarakatJawa Bengkulu (PMJB) di Bengkulu.

Salah satu tujuan diberikannya seperangkat gamelan tersebut adalah menjalin hubungan muhibah budaya dan menggalakkan kegiatan yang memiliki muatan kesenian. Penyerahan seperangkat gamelan perunggu Pelog Slendro tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X kepada Ketua PMJB Dr Yanto SH MHdi Rumah Budaya Jalan Bumi Ayu II Selebar  Bengkulu,  Jumat (17/1) tadi malam.

”Saya berharap masyarakat Jawa yang ada di Bengkulu harus bisa berpartisipasi dengan iktikad baik yang tidak membeda-bedakan, sehingga bisa membantu pembangunan di daerah ini karena bagaimanapun mereka  hidup dan menjadi warga di sini.
Tetap harus kompak bersama warga masyarakat disini. Harus bisa ajur-ajer menyesuaikan diri dimana mereka berada,” pesan Sri Sultan HB X. Dalam kunjungan ke Bengkulu kaliini Gubernur DIY didampingi permasuri GKR Hemas, putri sulung  GKR Mangkubumi,  Sekda  DIY  Drs  K  Baskara Aji, Staf Ahli Gubernur, Paniradya Pati dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY. (KR)

BERITA REKOMENDASI