Kursi Ketum PDIP Terbuka Bagi Megawati

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Megawati Soekarnoputri hampir dipastikan kembali duduk di kursi kepemimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut aspirasi dari daerah meminta Megawati Soekarnoputri kembali jadi ketua umum.

Wacana ini muncul pasca-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di 33 provinsi menyelenggarakan konferensi daerah (Konferda) menjelang Kongres Nasional PDIP ke V yang diselenggarakan di Bali pada 8-11 Agustus 2019 mendatang.

"Berdasarkan hasil rapat kerja nasional ke IV dan juga aspirasi dari bawah memohon ibu Mega untuk berkenan menjadi ketua umum kembali," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Pemilihan ketua umum partai berlambang banteng ini akan dilakukan dengan musyawarah untuk mufakat, bukan voting. Hasto mengatakan masih ada DPD yang belum melaksanakan konferda sebagai forum tertinggi di tingkat kepemimpinan daerah yakni DPD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Aceh baru melaksanakan Konferda pada 3 Agustus 2019 mendatang. Hasto mengatakan alasan keterlamabatan penyelenggaraan konferda Nangroe Aceh Darussalam ini lantaran PDIP ingin merangkul sebanyak mungkin tokoh yang memiliki militansi dan dekat dengan masyarakat untuk menjalankan roda organisasi partai di sana. (*)

BERITA REKOMENDASI