Lama di Belanda, Keris Bugis Kembali ke Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretariat Presiden menyerahkan benda pusaka berupa keris Bugis kepada Museum Nasional Indonesia. Keris tersebut merupakan warisan budaya Nusantara yang sebelumnya puluhan tahun disimpan di sebuah pusat kebudayaan di Delft, Belanda.

Keris tersebut diserahkan oleh Perdana Menteri Belanda Kepada Presiden Jokowi saat ia berkunjung ke Istana Bogor 23 November 2016, kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

“Hari ini secara resmi kami menyerahkan keris pusaka ini untuk disimpan di Museum Nasional,” kata Heru saat menyerahkan keris pusaka kepada Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, di Gedung Museum Nasional Jl Medan Merdeka Barat,Jakarta Kamis (27/8 2020)

“Kami tentu dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Museum Nasional, sangat berterimakasih atas serah terima ini karena selama ini koleksi yang sangat penting dijaga dengan baik di Istana Presiden. Ini sejatinya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yang dipindah dari Museum Nusantara di Delft ke sini tahun 2017,” ujar Hilmar.

BERITA REKOMENDASI