Langkah Polri Tekan Penularan Covid 19 Diapresiasi

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Sejumlah kalangan mulai dari anggota DPR RI, akademisi, dan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi langkah Polri dalam turut membantu pemerintah menekan laju penularan Covid 19.

“Polri telah melakukan yang terbaik dalam menangani pandemi Covid 19, melaksanakan vaksinasi hingga ke tingkat Polsek,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Syahroni, dalam webinar yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, Rabu (28/7) siang.

Ahmad Sahroni berharap semua pihak harus bersama-sama melakukan tolong menolong untuk mengatasi pandemi Covid 19 agar turun pelan-pelan.

Ia juga mengapresiasi langkah restorasi justice yang dilakukan Polri untuk mengedepankan fungsi edukasi daripada mempidanakan pelanggar PPKM. Tapi ia minta agar Polri tetap melakukan tindakan hukum bagi penyebar kabar bohong terkait pandemi Covid 19.

“Tetap semangat dan tetap humanis,” seru Ahmad Sahroni.

Senada dengan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, anggota Kompolnas Poengky Indarti dan sosiolog Universitas Nasional, Dr. Ermawati Chotim, M.Si, juga mengapresiasi langkah Polri bersama TNI dalam ikut mengendalikan penularan Covid 19.

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Poengky.

Ia juga menyambut baik gagasan untuk mengedepankan peran masyarakat dalam menekan penularan Covid 19 melalui gerakan Pemolisian Masyarakat Berbasis Komunitas Menuju Masyarakat Yang Patuh Prokes 5M Dalam Rangka Menekan Penularan Covid 19.

Selama ini, lanjut Poengky, ada beberapa program Pemolisian Berbasis Komunitas yang sudah menunjukkan hasil nyata dalam turun mencegah penularan Covid 19. Ia menunjuk contoh Kampung Tangguh di seluruh tanah air, yang dibentuk dengan mengedepankan sifat kegotong royongan masyarakat, dan telah diterima dan dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat.

“Masyarakat mampu memperkuat diri mereka, meningkatkan disiplin, dan bertangggung jawab pada sesama,” ujar Poengky.

BERITA REKOMENDASI