Latihan Jet Tempur Terganggu Lampu Laser

Editor: Ivan Aditya

MALANG (KRjogja.com) – Latihan terbang malam TNI AU pangkalan udara Abdulrachman Saleh terganggu akibat sorotan laser. Latihan ini merupakan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan penerbang.

Gangguan laser pertama kali dilaporkan oleh pilot pesawat Hercules A-1316 Letkol Pnb Sugeng Budiono. Saat pesawat berada di long final untuk persiapan mendarat, tiba-tiba sinar laser diarahkan ke kokpit pesawat dari arah bawah. Sumber laser diperkirakan berlokasi di wilayah Desa Bedali Kecamatan Lawang sampai lapangan tembak Brawijaya.

Sugeng menuturkan rencananya latihan terbang akan dilaksanakan dalam dua sortie atau dua kali lepas landas. Namun, karena gangguan laser latihan terbang malam kemarin akhirnya di selesaikan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya.

Pada saat sortie kedua dan dilanjutkan penerbangan pesawat cassa sudah tidak ada lagi gangguan sinar laser ke pesawat. "Namun saat latihan berlangsung seluruh petugas berkoordinasi di long final dan berjaga di daerah Desa Bedali bekerja sama dengan RW setempat," katanya.

Pihak intel, Kamhanlan, PLLU, dan POMAU segera berkoordinasi untuk bergerak menuju lokasi yang diduga tempat pelaku melaksanakan penyinaran. Namun, pelaku tidak ditemukan saat petugas menyisir daerah yang diduga tempat asal sinar laser.

Kadisops Lanud Abdulrachman Saleh Hermawan Widhianto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengoperasikan benda-benda yang mengganggu penerbangan. Kegiatan yang dilarang karena dinilai dapat mengganggu penerbangan telah diatur dalam UU Nomor 1/2009 tentang Penerbangan. (*)

BERITA REKOMENDASI