Layanan Bus di Yogya Bakal Layaknya Transjakarta

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, mengatakan, pemerintah akan membuka proses lelang untuk jadi pengelola transportasi publik sejenis Bus TransJakarta dengan skema beli layanan atau Buy The Service pada Desember 2019.

"Buy The Service, kita akan lelang Desember nanti. Kira-kira pertengahan desember," ujar Budi akhir pekan lalu.

Dalam program Buy The Service Ini, pemerintah akan bekerjasama dengan pihak swasta sebagai operator layanan bus metro ini. Rencananya, ada 5 kota yang akan menjadi tahap awal penerapan layanan ini pada 2020 mendatang, yakni Medan, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Budi menyebutkan, Kemenhub bakal bantu menyediakan anggaran sebesar Rp 250 miliar untuk penerapan skema tersebut di 5 kota. "Per kotanya sekitar Rp 50 miliar," kata dia.

Dia juga mau kehadiran program Buy The Service ini bisa bersinergi dengan keberadaan transportasi publik lainnya. Sehingga membuat masyarakat berpindah haluan dari kendaraan pribadi menuju transportasi publik.

"Jangan sampai bersinggungan dengan moda transportasi lain. Dengan adanya itu diharapkan masyarakat bisa berpindah dari kendaraan pribadi jadi memakai transportasi publik," tuturnya.

Oleh karenanya, ia berharap percobaan awal di 5 kota tersebut sukses untuk kemudian bisa dikembangkan di kota-kota besar lainnya.

"Kalau itu sukses di 5 kota, tahun depan akan dilelang lagi untuk disediakan di kota-kota lainnya," pungkas Budi.(*)

BERITA REKOMENDASI