Lebaran, Menteri Agama Ingatkan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh masyarakat, khususnya umat Islam agar momentum Idul Fitri 1442 Hijriah bisa semakin memperkuat nilai-nilai kemanusiaan terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

“Pandemi COVID-19 telah mempertajam pemahaman kita bahwa salah satu inti ajaran agama adalah menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Ramadhan dan Idul Fitri saat pandemi semakin memperkuat nilai kemanusiaan,” kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021) malam.

Umat Muslim Indonesia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pada Kamis, 13 Mei 2021. Lebaran ini adalah kali kedua umat Muslim merayakan Idul Fitri di tengah pandemi. Ia berharap seluruh umat dapat mengambil pelajaran dari peristiwa ini.

Menag mengatakan tempaan ramadhan yang dijalankan di tengah pandemi mesti diberi makna lebih sekaligus bekal bagi umat Islam untuk terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadan dalam suasana pandemi ini semoga meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah, sehingga menjadi spirit baru bagi kita untuk terus menebarkan kebajikan dan rahmat bagi semesta,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

BERITA REKOMENDASI