LEPRID Anugrahi Penghargaan Keluarga Budi Sutedjo

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) yang didirikan dan dipimpin Paulus Pangka SH telah menganugerahkan penghargaan kepada Budi Sutedjo Dharma Oetomo, Maria Herjani Sanusi dan Albert Steven Sutedjo. Penghargaan berupa piagam dan medali diberikan atas prestasi keluarga (ayah, ibu dan anak) pertama di Indonesia yang produktif menulis dan menyunting buku.

Paulus mengungkapkan ditengah usaha negara untuk memajukan literasi masyarakat dewasa ini, terdapat keluarga yang tidak hanya sadar literasi. Tak hanya satu atau duaborang, tetapi seluruh anggota keluarga ini secara produktif menulis dan menyunting buku.

Budi Sutedjo yang mempelopori Lokakarya Indonesia Menulis dan Dosen FTI UKDW Yogyakarta telah menulis 216 buku dan menyunting 198 buku sejak tahun 1997. Sementara itu, Maria Herjani Sanusi telah menulis 17 buku dan menyunting 73 buku sejak tahun 2009.

Sedangkan Albert Steven Sutedjo yang mulai menulis buku saat kelas V di SD Tarakanita yang dilanjutkan waktu di SMP Stella Duce, SMA Kolose de Britto dan kuliah di Teknik Arsitektur UKDW. Hingga saat ini ia telah menulis 13 buku dan menyunting 25 buku.

Penulisan dan penyuntingan buku itu dilakukan baik secara mandiri maupun bersama-sama seluruh anggota keluarga maupun bersama dengan penulis-penulis lain dalam bentuk buku bunga rampai. Semboyan 'Jangan Biarkan Waktu Berlalu Tanpa Menulis Buku' dan 'Jadilah Guru Bangsa Melalui Pustaka' telah menginspirasi keluarga ini untuk terus menulis dan membantu penyuntingan tulisan dari penulis-penulis lainnya.

Oleh karena itu menurut Paulus, LEPRID merasa perlu memberikan penghargaan dengan harapan keluarga ini dapat menjadi inspirasi bagi keluarga-keluarga di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasinya. “Kami tidak menyangka, bila kegiatan literasi bersama dalam keluarga ini mendapat perhatian bahkan dinilai sebagai prestasi unik di Indonesia dan dunia oleh LEPRID,” ungkap Budi Sutedjo. (*)

BERITA REKOMENDASI