Lewat Bursa Kerja Mandiri Wujudkan SDM Unggul

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ratusan kaum milenial memadati acara Bursa Kerja Mandiri (BKM) di Innovation Room-Talent Hub, Kementerian Ketenagakerja yang  memberikan pengalaman langsung kepada para pekerja mandiri di sektor jasa seperti kecantikan dan kebugaran, kebersihan, reparasi, konstruksi, dan otomotif, untuk berinteraksi dan memanfaatkan platform online yang tersedia. 

"Inisiatif menyelenggarakan BKM sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengajak pelaku industri, dalam hal ini para perusahaan platform digital untuk dapat bekerja sama dan berkontribusi dalam mewujudkan SDM unggul," kata Sekjen Kemnaker Khairul Anwar kepada wartawan di Jakarta.

Ia optimis melalui kegiatan ini Indonesia mampu  menghasilkan nilai tambah sebesar-besarnya dalam berkarya. Karena itu pula, melalui BKM ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang kepada pekerja mandiri dalam mendapatkan pendapatan tambahan.

BKM yang berlangsung selama dua hari (16-17/12/2019) menghadirkan sejumlah platform digital dengan tema sektor jasa umum. Misalnya Mecapan, GoClean, GoMassage, Montir, Tukang.com, SmartBiker, HaloJasa, HelloBeauty, dan masih banyak lagi. Para pekerja mandiri tidak hanya memperoleh  kesempatan untuk mendaftar pada satu platform, namun juga pada platform-platform lain yang berpartisipasi pada bursa kerja tersebut.  

Dengan demikian, ujar Khairul Anwar, para pekerja mandiri dapat mengoptimalkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki. “Para pekerja mandiri diharapkan untuk menjadi produktif tidak hanya berlangsung selama bursa kerja berlangsung. Tapi juga untuk seterusnya karena platform-platform yang sudah ada sangat mudah untuk diakses kapan saja dan di mana saja," jelasnya.

Plt. Dirjen Binapenta Kemnaker Aris Wahyudi menambahkan, prinsipnya pemerintah ingin memberikan ruang untuk exercise (eksperimen) bagaimana format baru hubungan industrial, hubungan kerja, atau apapun format kemitraan, untuk mencari format kemitraan baru yang lebih fleksibel. Semua peserta di BKM merupakan freelancer, tenaga kerja mandiri yang bisa mengatur waktunya sendiri, sesuai kemampuan dan kebutuhannya. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI