Lewat Paripurna, Hari Ini DPR Sahkan 5 Pimpinan KPK 2019-2023

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi III DPR telah memilih lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. KPK jilid V akan dipimpin oleh Irjen Firli Bahuri selaku ketua, dan empat wakil ketua yakni Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Baca Juga:  KPK Bukan Mandataris Presiden!

Pimpinan KPK terpilih itu rencananya akan disahkan dalam rapat paripurna DPR pada hari ini Senin (16/9/2019). Lili Pintauli Siregar mengatakan, dirinya sudah diberi undangan dari DPR untuk agenda pengesahan pimpinan KPK terpilih.

“Besok (hari ini) kami diserahkan Komisi III ke rapat paripurna DPR RI. Jam 13.00 WIB siang kami di Senayan semua,” kata Lili kepada media, Minggu (15/9/2019).

Menurut Lili, setelah pengesahan oleh DPR, selanjutnya Presiden Jokowi akan melantik mereka. Filri cs ini baru akan dilantik pada Desember 2019 setelah masa tugas pimpinan KPK periode sebelumnya habis.

Baca Juga: Mahfud MD Dorong Jokowi Bertemu dengan Agus Rahardjo Cs

Kendati begitu, Lili tidak bisa memastikan kemungkinan pelantikannya akan dipercepat, mengingat tiga pimpinan KPK saat ini telah menyerahkan mandatnya ke Presiden Jokowi. Menurutnya, percepatan pelantikan atau tidak merupakan wewenang Jokowi.

“Soal pelantikan apakah Desember apakah dipercepat kita serahkan kepada presiden,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI