Libur Akhir Tahun, Menkes Minta Masyarakat Dirumah dan Terapkan 3 M

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,meminta masyarakat agar mengusahakan tetap di rumah dan menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, terutama pada masa libur panjang akhir tahun sekarang ini.

“Jangan sampai sesudah liburan yang indah ini bersama keluarga kemudian keluarga kita ada yang kena (Covid-19-red) ” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual di tengah-tengah kunjungan ke RSCM bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Jumat (25/12/2020).

Selain itu Menkes akan menyiapkan lebih dari 100 tempat tidur tambahan di sejumlah rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Menkes Budi mengatakan penambahan jumlah tempat tidur akan dilakukan baik di ruang biasa maupun ICU.“Sebenarnya tempatnya ada, tinggal kita tambah jumlah bed dan ICU-nya. Potensinya bisa sampai 100 bed tambahan. Dengan menambah jumlah bed di rumah sakit eksisting yang ada sekarang, teknisnya jadi lebih mudah,” katanya.

Namun, , yang darurat bukanlah kebutuhan ruangan karena tempatnya sudah tersedia, tetapi jumlah perawat yang perlu ditambah.“Jumlah dokter cukup, alat kesehatannya cukup, ruangannya juga ada bisa nambah 100, tetapi kita butuh perawat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan sudah berkoordinasi dengan salah satu direktur RSCM untuk menyusun program relawan perawat untuk mengantisipasi lonjakan kasus pada masa libur panjang. “Dengan begitu, maka akan terlihat kebutuhannya tepat terpenuhi dari masalah teknis yang kita hadapi,” tuturnya.

Pemerintah sudah siap logistik vaksin Covid 19

Di tempat terpisah Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Jakarta menjelaskan pemerintahudah siap logistik vaksin Covid 19,sambil menunggu tetap jaga kesehatan dengan 3 M (Memakai masker,rajin mencuci tangan pakai sabun,dan menjaga jarak)

Untuk distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi.”Secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik. Untuk distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi” ujarnya .(ati)

 

BERITA REKOMENDASI