Lima Kota Laksanakan Kelas Cakap Digital Siberkreasi

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJogja.com – Angka pengguna internet di Indonesia telah mencapai 196,7 juta jiwa. Angka tersebut diungkap Menkominfo saat Peluncuran Program Literasi Digital Nasional Mei lalu. Jumlah tersebut diharapkan bisa sejalan dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo berkenaan kewajiban bersama untuk terus meminimalkan konten-konten negatif, banjiri dan isi terus dengan konten-konten positif.

Terkait itu, dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik agar bisa mengoptimalkan kebermanfaatan internet menciptakan lebih banyak konten positif dan kreatif bahkan membuat UMKM naik kelas.

Salah satu upaya yang dilakukan, KOMINFO dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka pendaftaran Kelas Cakap Digital. Periode pendaftaran tagun ini, mulai 17 Juni hingga 8 Juli. Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, Kelas Cakap Digital Siberkreasi kali ini bekerjasama dengan KUMPUL untuk pelaksanaan di lima kota.

Selain itu, Kelas Cakap Digital ini juga bekerjasama dengan mitra KUMPUL yang terdiri dari Kolektif Co Space untuk penyelenggaraan di Yogyakarta pada 3-7 Agustus, Kembali Innovation Hub untuk di Bali pada 27 -31 Juli, Satu Atap Coworkshare untuk di Surabaya, The Greater Hub untuk di Bandung 10-15 Agustus dan Impala Network untuk di Semarang 16-21 Agustus.

Dedy Permadi, juru bicara KOMINFO memaparkan, bahwa kemampuan literasi digital dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui kelas-kelas Literasi Digital yang diselenggarakan di 514 kabupaten atau kota maupun bersama mitra-mitra jejaring Siberkreasi.

BERITA REKOMENDASI