Lindungi Pekerja KUKM, BPJAMSOSTEK Gandeng Kemenkop dan UKM

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelaksanaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pelaku usaha pada sektor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) masih memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak, khususnya kementerian yang membidangi yakni Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop, dan UKM).

“Kita semua mengetahui bahwa sektor Koperasi dan UKM juga memiliki risiko kerja yang sama sama harus mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang berfungsi sebagai jaring pengaman terkait kondisi sosial ekonomi yang dihadapi para pekerjanya,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Agus Susanto di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Sehubungan hal itu, BPJAMSOSTEK dengan Kementerian Koperasi dan UKM mewujudkan kerjasama melalui nota kesepahaman. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Agus Susanto dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki tentang Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Agus mengatakan, dalam kerjasama kali ini, poin penting yang diangkat adalah terlaksananya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia bagi para pelaku usaha di sektor tersebut. Hal ini termasuk melakukan sosialisasi, edukasi, dan pendampingan kepada pelaku usaha, pertukaran data dan informasi, peningkatan kesadaran hukum untuk pemenuhan hak dan kewajiban pekerja dalam memperoleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

BERITA REKOMENDASI