Lions Club Yogya Centennial Gelar Donor Darah dan Santuni Bocah Penderita Tumor

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masa pandemi justru semakin meningkatkan semangat Lions Club Yogya (LCY) Centennial untuk terus berbagai kepada sesama. Setelah awal bulan ini LCY Centennial menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan membagikan ratusan bibit lele dan sayuran bagi para santri Ponpes As Sidiqiyyah di Kokap Kulonprogo, kini komunitas tersebut kembali menggalang aksi sosial dengan melaksanakan donor darah.

Dari kegiatan yang dilaksanakan di Jogja International Hospital (JIH), Rabu (23/09/2020) ini setidaknya 143 kantong darah terkumpul. Ratusan kantong darah tersebut langsung diserahkan kepada PMI Sleman untuk nantinya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Presiden LCY Centennial, Dwi Rianingsih mengatakan semula kegiatan ini hanya mentargetkan 75 orang pendonor saja. Namun saat pelaksanaan ternyata jumlahnya melebihi dari yang diperkirakan yakni mencapai 206 orang pendonor.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi, bahkan dari anggota Polda DIY juga turut mendonorkan darahnya. Ini diluar perkiraan kami, dari 206 pendonor tersebut terkumpul 143 kantong darah,” ungkap Dwi Rianingsih usai kegiatan.

Dwi Rianingsih mengapresiasi atas kepedulian masyarakat yang telah turut mendonorkan darahnya untuk sesama. Ia berharap denggan kegiatan ini dapat menumbuhkan kembali semangat kebersamaan dan tolong menolong antar sesama ditengan masa yang serba sulit seperti saat ini.

Ia juga mengatakan, kepedulian seperti inilah yang semakin menguatkan semangat LCY Centennial untuk terus dapat berkontribusi terhadap sesama melalui aksi-aksi sosialnya. Setelah ini LCY Centennial telah mengagendakan beberapa kegiaga sosial lain yakni seperti pengobatan mata maupun pembagian kaca mata gratis, pemeriksaan gratis bagi penderita diabetes dan aksi-aksi lainnya.

“Kegiatan sosial rutin kami lakukan. Tanpa harus menunggu momentum, begitu ada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan sebisa mungkin kami akan membantunya,” jelas Dwi Rianingsih.

Selain donor darah, LCY Centennial juga memberikan santunan kepada salah seorang bocah asal Temanggung Jawa Tengah bernama Ananda Azahra (9) yang mengidap tumor pada kakinya. Siswi SD ini baru saja menjalani operasi di RSUP dr Sardjito Yogyakarta untuk pengangkatan tumor dengan berat hampir 5 kg.

Kini bocah perempuan tersebut bersama orangtuanya diberikan fasilitas untuk tinggal sementara di rumah singgah oleh LCY Centennial selama masa pemulihan dan rawat jalan dilakukan. Dalam memberikan pelayanan dan pendampingan kepada Ananda Azahra ini, LCY Centennial bekerjasama dengan Lions Sindoro Temanggung. (*)

BERITA REKOMENDASI