LKS Tripartit Nasional Dukung Pemerintah Terkait Program Vaksinasi COVID-19

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI dan Jamsos) Kemnaker Indah Anggoro Putri menyatakan, Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional mendukung langkah-langkah pemerintah yang efektif dalam melakukan pencegahan dan mengatasi dampak pandemi COVID-19, dengan tetap mengutamakan perlindungan pekerja/buruh dan keberlangsungan usaha.

LKS Tripartit Nasional, menurutnya, telah menegaskan bahwa pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh, dan pekerja/buruh mempunyai tanggungjawab bersama dalam mencegah dan menangani dampak pandemi COVID-19. Pencegahan itu melalui penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, baik di perusahaan maupun di luar perusahaan.

“Hal itu sebagai bagian dari ikhtiar untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan pekerja/buruh di masing-masing perusahaan. Keamanan dan kenyamanan pekerja ini juga sebagaimana yang selalu ditekankan Bu Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah,” tutur Putri dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Ia mengungkapkan, LKS Tripartit Nasional juga sangat mendukung kebijakan Pemerintah terkait program vaksinasi COVID-19 dengan mendorong dan memberikan kesempatan atau memafasilitasi pekerja/buruh untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. LKS Tripartit Nasional juga mendorong sinergitas antara pemerintah, pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh, dan pekerja/buruh.

Sinergitas itu dilakukan agar mampu bertahan dan kuat dalam menghadapi dampak yang terjadi akibat COVID-19 dengan adanya adaptasi pelaksanaan hubungan kerja selama masa Pandemi COVID-19. “Dengan adanya sinergitas antara Pemerintah, pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh, dan pekerja/buruh, LKS Tripartit Nasional percaya dunia usaha khususnya di Indonesia akan mampu bertahan dan kuat dalam menghadapi dampak yang terjadi akibat Pandemi Covid-19,” ucap Putri.

BERITA REKOMENDASI