Lowongan CPNS Dibuka, Moratorium Tetap Jalan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah kembali membuka penerimaan CPNS untuk gelombang II di tahun ini. Setidaknya ada 61 instansi pemerintahan yang membuka penerimaan CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman dalam keterangannya mengungkapkan informasi resmi mengenai penerimaan CPNS gelombang II dapat diakses ke sscn.bkn.go.id.

"Pendaftarannya secara online baru akan dibuka pada 11-25 September 2017. Pengumuman seleksi administrasinya rencana 3 Oktober 2017," kata dia, Rabu (6/9/2017) dikutip dari laman PAN-RB. Meski begitu, pemerintah masih menerapkan moratorium PNS.

Lalu mengapa saat moratorium masih berlaku, tetapi pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS. Bahkan untuk gelombang 2 ini, jumlah posisi yang ditawarkan sebanyak 17.928.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dalam keterangannya menjelaskan, yang dimaksud moratorium PNS tersebut adalah untuk jabatan-jabatan umum, seperti jabatan administrasi.

"Moratorium itu tetap ada untuk formasi umum. Postur PNS kita itu sampai sekarang sekitar 4,5 juta orang, 64 persennya itu tenaga administrasi, yang begini yang akan dikurangi Pak Menteri PAN-RB," kata Ridwan.

Adapun cara yang ditempuh pemerintah untuk mengurangi jumlah tenaga administrasi tersebut dengan cara membiarkan para pegawai administrasi tersebut pensiun dengan sendirinya. Dengan demikian, dipastikan Ridwan tidak ada pemberhentian secara sepihak oleh pemerintah.

Bahkan untuk saat ini, dikatakan Ridwan pihaknya sudah menerapkan sistem minus growth untuk beberapa instansi pemerintahan. "Jadi ada beberapa instansi yang yang pensiun misalnya 10 orang, kita cuma kasih 8 orang untuk dibuka pendaftarannya," pungkasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI