Luhut Siap Teruskan Kebijakan Archandra

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan meneruskan apa yang dilakukan oleh Archandra Tahar selama masih menjabat Menteri ESDM dalam 20 hari. Kebijakan yang cukup penting di bidang migas selama Archandra menjabat adalah terkait struktur biaya gas.

Menurut dia, Archandra sempat ingin melakukan upaya menekan harga gas bagi kepentingan industri. Dia mengaku, telah bertemu dengan Arcandra untuk membicarakan hal tersebut, Selasa 16 Agustus 2016 malam.

Terkait dengan menekan harga gas, pemerintah mempunyai keinginan untuk menurunkan dari kisaran 7-8 dolar AS per MMBTU (million British Thermal Units) ke kisaran 4-5 dollar per MMBTU. Luhut menyatakan, ia juga telah melakukan briefing dengan pejabat-pejabat eselon satu di Kementerian ESDM pada hari yang sama.

"Saya tanya mengenai pengeluaran yang bisa diturunkan oleh beliau. Dia bilang bukan dari saya, saya hanya tantang mereka, kenapa kamu punya pengeluaran segitu? Silakan tunjukkan struktur pengeluarannya. Ditunjukkin dan akhirnya dia koreksi. Akhirnya sampai kepada angka yang rendah," katanya, Rabu (17/08/2016). (*)

BERITA REKOMENDASI