Lulusan BLK Sidoarjo Siap Mengisi Perusahaan

SIDOARJO, KRJOGJA.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang berada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur akan memberikan pelatihan bagi calon tenaga kerja yang datang dari berbagai daerah untuk memperoleh sertifikat dan kompetensi sesuai kejuruan yang diminati.

"Lulusan BLK Sidiarjo nantinya bisa bersaing dan bisa mengisi pasar kerja di berbagai perusahaan yang membutuhkan.  Misalnya, Otomotif dengan program pelatihan Tune Up Sepeda Motor konvensional," kata Kepala BLK Sidoarjo Imam Agung di Sidoarjo, Minggu (15/12/2018).

Selain itu, menurut Imam Agung, jurusan Pengelasan dengan program pelatihan SMAW 1 G, Garmen Apparel dengan program pelatihan menjahit komponen pakaian, dan Teknologi informasi dengan program pelatihan Practical Office. Sasaran pelatihan adalah semua warga khususnya di wilayah Sidoarjo yang belum memiliki pekerjaan dan putus sekolah.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, para alumni pelatihan dapat diterima di perusahaan atau membuka usaha sendiri maupun bekerja sesuai kompetensi yang  diperoleh di BLK Sidoarjo. "Yang mengikuti pelatihan nanti tudak dipungut biaya," kata Agung dengan menyebutkan BLK Kemnaker Sidoarjo berdiri di lahan seluas 12 hektar dan saat ini baru enam hektar yang sudah ada bangunannya.

Sebelumnya ia mengungkapkan bahwa Tim China berkesempatan mengunjungi BLK Sidoarjo dengan tujuan membahasan kerjasama mengenai pengembangan BLK sebagai pusat pelatihan berbasis teknologi China. Dalam kunjungannya, Tim China yang diwakili oleh Mr. Zhang terlihat antusias dalam menjalin kerjasama ini.

Mengenai diskusi tentang kerjasama yang dilakukan, ujar Agung, membahas mengenai teknologi China yang ingin dikenalkan kepada masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Sidoarjo dan sekitarnya dengan tujuan agar masyarakat mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan, mensetting, merawat, serta memperbaiki peralatan dan mesin berbasis teknologi China. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI