Mahasiswa KKN UAD Gelar Cek Kesehatan Gratis

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa KKN UAD (Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan) Yogyakarta berkolaborasi dengan UKM KSR PMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia) Unit X UAD mengadakan kegiatan ‘Cek Kesehatan Bersama Unit VIII.B.1 KKN Alternatif 75 UAD’, Minggu 5 Desember lalu, di Gedung Serbaguna RW.07 Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta.

Abimanyu selaku Ketua Unit VIII.B.1 KKN Alternatif 75 UAD menuturkan, cek kesehatan yang diadakan berupa cek tekanan darah dan cek gula darah. Namun selain itu, masyarakat juga dapat berkonsultasi mengenai masalah kesehatan mereka secara gratis. “Kegiatan tersebut mendatangkan respon positif dari masyarakat,” ujarnya dari Posko KKN UAD di Masjid Tamtama, Prawirotaman.

“Kegiatan cek kesehatan gratis bagi warga RW.7 Prawirotaman ini memberikan manfaat sangat banyak. Hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami terkait kesehatan warga, sehingga kami selaku pengurus PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) bisa menindaklanjutinya,” kata Yuni selaku Pengurus PKK RW.7 Prawirotaman.

“Tentunya kami mengharapkan untuk program selanjutnya dapat lebih ditingkatkan lagi dalam hal jumlah sasaran warga dan jenis cek kesehatan yang akan diberikan kepada warga,” imbuh Yuni.

“Dengan adanya cek kesehatan gratis dari Unit VIII.B1 KKN Alternatif 75 UAD ini sangat membantu masyarakat terutama bagi ibu-ibu yang sering merasakan pusing-pusing. Ternyata gejala itu termasuk ciri-ciri kadar kolesterol tinggi,” kata Nunung salah satu warga RW.7 Prawirotaman.

“Sehingga, masyarakat dapat mengetahui cara mengantisipasi agar gula darah tidak tinggi. Juga dapat mengetahui cara agar aktifitas tidak terganggu jika mengalami kondisi gula darah tinggi,” imbuh Nunung.

Abimanyu menyampaikan, mayoritas masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah mereka yang sudah lansia (lanjut usia). Tetapi, adapula masyarakat yang masih berusia muda menyempatkan diri datang untuk cek kesehatan gratis.

“Mahasiswa Unit VIII.B.1 KKN Alternatif 75 UAD terjun langsung untuk mengawasi dan mendampingi jalannya kegiatan tersebut. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dikarenakan didukung oleh UKM KSR PMI Unit X UAD dan antusias masyarakat RW.7 Mergangsan,” Ungkapnya.

Abimanyu menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan fasilitas cek kesehatan secara gratis dan mempererat hubungan persaudaraan antara anggota Unit VIII.B.1 KKN Alternatif 75 UAD dengan warga sekitar.

“Harapannya masyarakat khususnya warga RW.7 Prawirotaman dapat memperbaiki kesehatannya dan meningkatkan kesejahteraannya. Sehingga Unit VIII.B1 KKN Alternatif 75 UAD mampu memberikan kontribusi dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI