Mahfud dan Tito Gelar Rapat Bahas Pilkada Serentak

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menko Polhukam Mahfud MD menemui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta. Mahfud mengaku kedatangannya untuk membahas banyak hal dengan Tito, salah satunya Pilkada serentak 2020.

"Tidak ada yang spesifik. Tapi banyak hal yang dibicarakan tentu tidak bisa disampaikan di sini karena uraiannya panjang," ujar Mahfud.

Meski enggan membeberkan secara rinci, Mahfud menegaskan Kemenko Polhukam dan Kemendagri memperkuat koordinasi jelang pelaksanaan Pilkada 2020. Dia berkata Kemendagri bersama dengan institusi lain tengah memastikan Pilkada dapat berjalan lancar.

"Intinya kami siap menyelenggarakan Pilkada 2020 yang jumlahnya 270 (daerah). Isnya Allah aman dan lancar," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tito menyampaikan kehadiran Mahfud dalam rangka ingin memahami secara mendalam tugas Kemendagri. Dia berkata tugas utama Kemendagri adalah menjaga stabilitas sosial dan politik.

"Terutama politik di tingkat nasional. Karena Mendagri adalah pembina politik," ujarnya Tito.

Salah satu bentuk menjaga stabilitas politik, kata dia, dilakukan dengan cara mengundang sejumlah parpol untuk berdialog terkait masalah politik agar Pilkada 2020 berjalan aman dan lancar.

Sementara terkait dengan dana Pilkada, Tito mengaku telah memberikan arahan kepada pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana APBD untuk menggelar Pilkada. Nantinya, dana Pilkada dari APBD akan direview sebelum disahkan. (*)

BERITA REKOMENDASI