Makam Sultan Maulana Hasanudin Dipadati Peziarah

Editor: Ivan Aditya

SERANG (KRjogja.com) – Momentum Idul Fitri 1437 H dimanfaatkan oleh ratusan warga dari berbagai daerah untuk berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Rabu (06/07/2016). Tidak hanya melakukan ziarah ke makam saja, mereka juga mendatangi museum situs purbakala yang lokasinya tidak jauh dari kompleks Masjid Agung Banten Lama.

Adit, salah satu peziarah yang berasal dari Jakarta mengaku bahwa dirinya setiap tahun selalu menyempatkan waktunya sehabis Solat Ied untuk melakukan ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanudin. “Tradisi tiap tahun saya dan keluarga, karena saya masih ada keturunan dari Sultan Maulana Hasanudin,” ungkapnya kepada KRjogja.com.

Adit menambahkan, dirinya sangata antusias ketika melakukan ziarah kubur, selain bisa melakukan wisata rohani, ia bisa mendatangi situs-situs kuno yang ada di kawasan Banten Lama. Meskipun begitu, dirinya menyesalkan kawasan Banten Lama kondisinya sangat tidak terurus karena banyaknya sampah, jalan rusak dan akses yang sulit.

Salah satu pengelola kompleks Masjid Agung Banten Lama, Imam Nahrowi mengakui pihak pengelola mengandalkan hasil sumbangan dari para peziarah untuk melakukan perawatan makam dan masjid. “Sebenarnya ada dana dari pemerintah, tapi turunnya lama dan seret,” jelas Imam. (Muhammad Akbar Samudra)

BERITA REKOMENDASI