Malaysia Siap Tampung Pengungsi Rohingya

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Aparat Kemaritiman Malaysia, Zulkifli Abu Bakar, mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengusir Muslim Rohingya yang datang ke Negeri Jiran. Zulkifli mengatakan, Malaysia bahkan siap menampung para pengungsi Rohingya.

"Kami harus menyediakan kebutuhan dasar bagi mereka untuk melanjutkan perjalanan dan mendorong mereka pergi. Tapi pada akhirnya, karena alasan kemanusiaan, kami tidak bisa melakukannya (mengusir)," kata Zulkifli.

Ia mengatakan, pemerintahnya kemungkinan akan menampung para pengungsi Rohingya di pusat penahanan imigrasi tempat orang asing tanpa dokumen biasanya ditempatkan. Namun, Zulkifli mengatakan, hingga kini belum ada lonjakan kedatangan pengungsi baru ke negaranya.

PBB memperkirakan, sedikitnya 123 ribu warga Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari kekerasan selama dua pekan terakhir ini. Krisis kemanusiaan di Rakhine pun dianggap menjadi tantangan bagi kawasan karena akan berdampak pada lonjakan kedatangan pengungsi ke negara di Asia Tenggara lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI